Jumat, 27 Desember 2013

Pengertian dan Jenis-jenis dari Gerbang Logika



Gerbang Logika merupakan suatu entitas dalam elektronika dan matematika boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik.

Sebuah gerbang logika sederhana mempunyai satu terminal output dan satu atau lebih terminal input. Keluarannya dapat tinggi/1 atau rendah/0, tergantung level digital yang diberikan pada terminal input. Gerbang Logik Dasar adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan dioda atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik(relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.


Macam-macam jenis gerbang logika:

A.    Gerbang Or/Or Gate

Gerbang OR akan berlogika 1 apabila salah satu atau semua inputan yang dimasukkan bernilai 1 dan apabila keluaran yang di inginkan berlogika 0 maka inputan yang dimasukkan harus bernilai 0 semua. Gerbang OR hanya memiliki sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai rendah.

Tabel kebenaran dari Gerbang Or.
 

Gambaran dari Gerbang Or.



B.     Gerbang And/And Gate

Gerbang AND akan berlogika 1 atau keluarannya akan berlogika 1 apabila semua masukan / inputannya berlogika 1, namun apabila semua atau salah satu masukannya berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 0. Gerbang AND memiliki fungsi mengalikan logika dari kedua inputnya.

Tabel kebenaran dari Gerbang And.
 

Gambaran dari Gerbang And.
 

C.    Gerbang Not/Not Gate

Gerbang NOT atau juga bisa disebut dengan pembalik (inverter) berfungsi sebagai pembalik (Inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya. Membalik dalam hal ini adalah mengubah menjadi lawannya. Karena dalam logika tegangan hanya ada dua kondisi yaitu tinggi dan rendah atau satu dan nol, maka membalik logika tegangan berarti mengubah satu menjadi nol atau sebaliknya mengubah nol menjadi satu.

Tabel kebenaran dari Gerbang Not.
 

Gambaran dari Gerbang Not.
 

D.    Gerbang NOR/NOR Gate

Gerbang NOR atau Not-OR merupakan kebalikan fungsi dari gerbang OR jadi gerbang logika yang outputnya akan berlogika 1 apabila semua inputannya bernilai 0, dan outpunya akan berlogika 0 apabila semua atau salah satu inputannya inputannya berlogika 1.

Tebel kebenaran dari Gerbang NOR.
 

Gambaran dari Gerbang NOR.
 

E.     Gerbang NAND/NAND Gate

Gerbang NAND atau dengan kata lain Not – AND. Atau suatu fungsi AND yang dibalikkan. Dengan kata lain bahwa akan bernilai / outputnya akan berlogika 0 apabila semua inputannya bernilai 1 dan outpunya akan berlogika 1 apabila semua atau salah satu inputannya bernilai 0.

Tabe kebenaran dari Gerbang NAND.
 

Gambaran dari Gerbang NAND.
 

F.     Gerbang XOR/XOR Gate

Gerbang XOR merupakan singkatan dari Exclusive OR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila inputannya berbeda, namun apabila semua inputanya sama maka akan memberikan keluarannya 0.

Tabel kebenaran dari Gerbang XOR.
 

Gambaran dari Gerbang XOR.
 

G.    Gerbang XNOR/XNOR Gate

Gerbang XNOR merupakan kepanjangan dari Exclusive NOR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila semua inputannya sama, namun apabila inputannya berbeda maka akan memberikan output berlogika 0, kebalikan dari XOR.

Tabel kebenaran dari Gerbang XNOR.
 

Gambaran dari Gerbang XNOR.

Kesimpulan :
1.      Gerbang dasar terdiri dari OR, AND, dan NOT.
2.      NOR merupakan gabungan dari gerbang NOT dan OR yang mana fungsinya kebalikan dari fungsi gerbang OR.
3.      NAND merupakan gabungan dari gerbang NOT dan AND yang mana fungsinya kebalikan dari fungsi gerbang AND.
4.      Fungsi dari gerbang XNOR merupakan kebalikan dari fungsi gerbang XOR.

Sumber Inspirasi : http://elektro-unram2011.blogspot.com/2012/07/pengertian-dan-macam-macam-gerbang.html

5 komentar:

  1. waah ane belum faham gan,maksudnya gimana?he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa dlihat di link ini gan,
      ini yg lebih mndasarnya :)
      http://nadinspiration.blogspot.com/2013/11/macam-macam-format-bilangan-komputer.html

      Hapus