Rabu, 18 Desember 2013

13 Manfaat Mendengarkan Musik


http://www.gmag.org.uk/attachments/Image/Musik_Logo.jpg
http://www.gmag.org.uk

Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya musik, mungkin hampir semua orang menyukai musik. Saya pernah membaca dari salah satu sumber, yang intinya mengatakan bahwa musik itu memiliki sifat yang sama seperti zat adiktif yang membuat orang kecanduan. Terkadang kita sering medengarkan lagu yang itu itu saja dalam beberapa hari bahkan beberapa minggu. Mungkin seperti itulah gambaran kenapa musik dikatakan sifatnya sama seperti zat adiktif.

Apakah kalian sudah tahu bahwa kebiasaan kalian mendengarkan musik/lagu itu memiliki banyak manfaat yang mungkin kalian merasakannya tapi tak menyadarinya?

Nah disini saya akan memberikan contoh dan penjelasan dari manfaat mendengarkan musik.

1.       Menghilangkan Rasa Sakit
     Musik mempunyai kemampuan untuk mengurangi rasa sakit dengan cara melepaskan endorphin yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit secara alamiah. Kita ambil contoh pada konser-konser yang padat penonton, jarang yang merasakan sakit terinjak dan terpepet, semuanya tetap asyik berteriak-teriak menyambut idolanya, karena endorphin tengah memuncak.
Menurut Jurnal Medis, mendengarkan musik setiap hari akan mengurangi rasa sakit kronis hingga 21 persen. Penelitian juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik secara teratur menjadikan seseorang dapat mengendalikan rasa sakit mereka, mengurangi depresi dan menjadikan mereka tidak mempedulikan kondisi fisik yang terbatas, misalnya tengah lemas atau mengantuk.



2.       Mengurangi Stress

Stress diasosiasikan dengan banyak penyakit, termasuk juga beberapa penyakit mental yang timbul pada orang-orang yang mengalami stress tinggi. Dalam penelitian yang dilaksanakan, subyek diminta mendengarkan musik yang menenangkan selama setengah jam dua kali sehari. Subyek ini menunjukkan berkurangnya tingkat stress dan kecemasan.


3.       Manfaat untuk Jantung (Kardiovaskular)
Mendengarkan musik yang sesuai juga bisa membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah. sebagai hasil dari turunnya tekanan darah, resiko stroke dan permasalahan kesehatan lain juga akan berkurang. Dalam penelitian di Italia, peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik , Celtic, atau musik tradisional selama 30 menit sehari satu bulan akan mengalami pengurangan tekanan darah yang signifikan. Musik yang baik akan membantu menenangkan sel dan jaringan yang menjadikan paru-paru akan menarik nafas lebih baik dan denyut jantung normal.


4.       Menstimulasi Sel Otak
Penelitian menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat bisa menstimulasi gelombang otak untuk beresonansi dengan irama tersebut, beat yang semakin cepat menjadikan konsentrasi lebih tajam dan pikiran lebih waspada. Di sisi lain, mendengarkan musik klasik yang menenangkan akan menjadikan kamu tenang dan terbawa ke fase meditatif. Musik klasik juga menimbulkan rasa nyaman dan meningkatkan kreativitas.


5.       Meningkatkan Performa dalam Olah Raga
Mendengarkan musik ketika berolah raga akan berdampak pada performa dan komitmen olah raga kamu. Musik akan mengalihkan perhatian kamu dari gerakan olah raga yang berulang dan mengabaikan rasa lelah dan kebosanan. Musik juga bisa menjadi stimulan yang meningkatkan performa kamu. Menurut penelitian tahun 2005, mendengarkan musik ketika berolahraga akan menunjang berkurangnya berat dan membantu orang yang berolah raga untuk tetap konsisten.


6.       Tidur lebih Nyenyak
Mendengarkan musik akan memicu kita untuk tidur lelap. Tidur akan menjadikan tubuh kamu sehat dan menjauhkan dari efek stress, depresi, dan kecemasan.


7.       Meningkatkan Optimisme
Depresi akan membawa pada kelemahan, sakit kepala, kebingungan, dan hilangnya konsentrasi. Musik bisa digunakan untuk mempertahankan keadaan positif pikiran, membantu untuk menajuhkan diri dari depresi. Musik juga akan meningkatkan penghargaan diri dan percaya diri.
Bila kamu sedang bekerja, musik juga bisa menunjang pekerjaan kamu dengan mendorong mood kamu agar bisa bekerja dalam keadaan tubuh dan jiwa yang optimal.


8.       Membantu penyembuhan Kanker
Penelitian menunjukkan bahwa musik membawa manfaat bagi seseorang untuk mengatasi kanker. Musik akan mengurangi kecemasan ketika pasien menerima terapi radiasi, juga menghilangkan rasa mual dan muntah karena kemoterapi dosis tinggi.


9.       Membantu Bersosialisasi
Musik adalah cara yang asyik untuk menghabiskan waktu ketika berkumpul bersama. Ngeband, karaoke, atau sekedar hanging out membicarakan musik merupakan aktivitas yang menyenangkan. Bila kamu tertarik untuk mendapatkan teman dari aktivitas musik, kamu bisa bergabung dengan last.fm, situs penggemar musik terbesar di dunia.


10.  Membantu Kesehatan Secara Spiritual
Ada hubungan unik antara musik dan spiritualitas. Jenis musik tertentu membantu seseorang untuk berdoa dan membantu menjadikan mereka dekat dengan Sang Pencipta.


11.  Motivator
Musik membantu dalam mengembangkan sikap positif dan memberikan motivasi. Musik dapat meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan kemampuan belajar individu, yang membantu dalam efisiensi berkembang dalam pekerjaan.


12.  Membantu berfikir dan belajar lebih baik

Kemampuan belajar dan berpikir seseorang dipengaruhi oleh stres. Musik dapat bertindak sebagai pengahalaunya dan dapat membantu Anda belajar dan berpikir lebih baik. Bukan hanya membuat Anda berpikir lebih baik, musik juga bisa membantu Anda dalam menganalisa, bekerja lebih cepat dan juga efisien.


13.  Penghalau rasa Cemas

Kecemasan terkait tugas mungkin memiliki hasil negatif. Hal itu dapat menyebabkan kegelisahan, ketidaksabaran dan gangguan kecemasan lainnya. Musik menginduksi tidur nyenyak dan menjaga pikiran Anda tenang. Pilihlah jenis musik yang menenangkan, pejamkan mata Anda utnuk menikmatinya.

Sumber Inspirasi : http://www.pusatgratis.com ; http://www.unik.ws.

3 komentar: